Sabtu, 29 Juni 2024

Hai adik-adik semuanya!

Selamat datang di Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Jember. Kakak ucapkan selamat bagi kalian semua yang telah lolos dan akan menempuh pendidikan di prodi kita yang tercinta ini ya. Gimana nih persiapan kalian untuk masuk kuliah ini? Sudah siap menghadapi dunia perkuliahan belum? Sini-sini kakak ada tips buat kalian semua agar lancar menjalani kuliah di semester awal ini.

1. Membuat jadwal

https://images.app.goo.gl/cwnVwqPpTjiTy3J88

Membuat jadwal merupakan kunci agar kalian dapat mengatur waktu perkuliahan yang baik. Kalian dapat membuat jadwal mingguan yang mencangkup jadwal kuliah, tugas, dan ujian. Dengan membuat jadwal yang baik, dapat mempermudah kalian untuk menjalani aktivitas di kampus. Sehingga tidak ada hal yang tertinggal atau terlewatkan. Kalian bisa membuat jadwal di notes hp, buku, binder atau mencatat di kalender google.

2. Memiliki target

https://images.app.goo.gl/cbPMHbPDAmAU1rXw7

Di mulai dari awal semester ini, kalian harus memiliki target untuk semester-semester berikutnya. Kalian harus tau apa yang akan kalian lakukan dari awal semester hingga akhir semester kedepannya. Karena banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan di kampus, seperti organisasi, kepanitiaan, mengajar, volunteer, dan lain sebagainya.

3. Menentukan prioritas

https://images.app.goo.gl/Ep4VTGczPCE3zYEZ8

Menentukan skala prioritas juga penting. Kalian harus menentukan tugas yang lebih penting untuk dikerjakan terlebih dahulu. Selain itu melihat tugas-tugas yang memiliki deadline lebih dulu dan memiliki nilai yang lebih besar. Hal ini akan menghindari kalian agar tidak tertinggal dan tidak terlambat mengumpulkan tugas.

4. Memilih lingkungan belajar yang baik

https://images.app.goo.gl/z4k4SkrMXPigVGB88

Lingkungan belajar sangatlah berpengaruh terhadap kualitas diri kita. Lingkungan belajar yang baik akan menambah wawasan dan value di diri kita sendiri. Dengan demikian dapat membuat diri kita lebih maju dan lebih berkualitas. Hindari lingkungan yang sekiranya dapat berdampak negatif bagi diri kita, seperti malas belajar, malas mengerjakan tugas, ataupun hal negatif lainnya.

5. Perluas lingkungan pertemanan

https://images.app.goo.gl/iLsAHVyURytGkcyXA

Lingkungan pertemanan yang luas dapat membantu kita untuk mendapat banyak informasi terkait perkuliahan. Tidak jauh berbeda dengan mencari lingkungan belajar, dalam memilih lingkungan pertemanan pun harus menentukan lingkungan yang dapat membawa diri kita menjadi seseorang yang lebih berkualitas. Hindari lingkungan pertemanan yang dapat merugikan diri sendiri.

6. Memanfaatkan teknologi

https://images.app.goo.gl/sLYvXD5F6BHWPXYT6

Teknologi dapat membantu kalian untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Tapi dalam penggunaannya, kita harus tetap menggunakan teknologi secara bijak. Kalian dapat menggunakan google scholar untuk mencari jurnal, google book untuk mencari buku, canva untuk membuat desain ppt yang menarik, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kakak berikan. Kalian dapat terapkan tips tersebut untuk diri kalian sendiri. Semoga dengan adanya tips tersebut dapat membantu kalian untuk menjalani kuliah di semester awal ini. Selamat menjalani perkuliahan dan tetap semangat ya!

0 comments:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Translate

Total Visitors

Popular Posting

Blog Archive

Pengikut