Tercatat 62 hari
sejak angket penilaian pelayanan publik diterbitkan, terhitung tanggal 22
Desember 2017 – 21 Februari 2018, telah masuk setidaknya 92 suara responden
sebagai bahan kajian survei dalam proses penilaian kepuasan pelayanan publik
yang selama ini telah diupayakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi
Pendidikan Biologi “lumba-lumba” Universitas Jember Periode 2017 melalui
berbagai program kerja, baik dalam bidang pendidikan, bakat dan minat, rohani,
pengabdian masyarakat, manajemen informasi, dst. Target responden yang
diharapkan adalah mahasiswa, dosen atau karyawan, orang tua, dan masyarakat di
lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember yang selama ini
secara langsung terkena dampak atas pelaksanaan berbagai program kerja yang
telah disebutkan, baik terlibat di lapangan maupun secara tidak langsung namun
turut memegang andil keberhasilan dalam perencanaan serta pelaksanaannya.
Tingkat kepuasan
pelayanan publik merupakan nilai yang sangat berarti bagi kemajuan berpikir dan
bertindak dalam organisasi di Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Biologi “lumba-lumba” Universitas Jember, baik dalam pengadaan refleksi diri
dan pengembangan program kerja yang lebih ramah dan efektif di kemudian hari.
Angka ini juga diharapkan dapat menjadi suatu bentuk representasi atas segala
bentuk gejala yang dialami dan dipersepsikan oleh responden selama mengikuti
perkembangan Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi “lumba-lumba”
Universitas Jember Periode 2017, sehingga dapat mewadahi kritik dan saran untuk
perkembangan pelaksanaan organisasi yang lebih baik lagi di periode selanjutnya.
Berapapun nilai yang diperoleh tidak akan berarti apa-apa jika itu bukan
didasari atas kehendak dan kemauan responden dalam mencurahkan segala bentuk
harapannya demi Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi
“lumba-lumba”.
Bidang kajian
Bakat dan Minat yang terdiri atas: Departemen Olahraga dan Departemen Kesenian,
masih menjadi favorit utama dalam pembahasan publik. Tidak dapat dipungkiri
bahwa ketertarikan publik memiliki nilai yang paling tinggi dengan beberapa
momen yang diharapkan dengan sedemikian rupa, di antaranya seperti: Pekan
Olahraga BioCup 2017, Peringatan Hari Bumi dan BioArt (melibatkan gelaran
seni), dan kejuaraan tahunan tingkat fakultas Dekan Cup, masih menjadi daya
tarik tersendiri bagi publik terhadap bidang kajian ini dalam tiap periode
kepengurusan. Selain itu, bidang kajian ini masuk ke dalam kategori bidang
kajian dengan nilai kritik publik yang juga paling tinggi, kebanyakan di
antaranya berkisar atas: mekanisme pelaksanaan jadwal latihan rutin dan
rekrutmen mahasiswa berdasarkan “bakat-minat”-nya. Bidang kajian berikutnya
yang menjadi favorit dalam pembahasan publik adalah Manajemen dan Kewirausahaan
(terdiri atas Departemen Manajemen Organisasi, Departemen Dana & Usaha, dan
Departemen Informasi & Komunikasi), yang tidak dapat dipungkiri bahwa di
periode inilah kewirausahaan HMPSP Biologi “lumba-lumba” dapat meraih kredit
yang tinggi di lingkungan Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Jember
setelah membuka usaha jasa percetakan (printing),
bekerja sama dengan Double Helix Studio. Di samping itu, informasi di era
kemajuan teknologi ini juga menjadi primadona di banyak kegiatan, mengingat
kebutuhan masyarakat terhadapnya sangatlah tinggi sebagai satu-satunya media
dalam mengikuti segala bentuk kegiatan dari program kerja yang sedang maupun
telah dilaksanakan. Bidang Kajian Pendidikan dan Penelitian (terdiri atas
Departemen Studi Akademik dan Departemen Penelitian & Pengembangan)
sekalipun bukan termasuk bidang kajian dalam pembahasan publik dengan nilai
yang tinggi, menjadi bidang kajian dengan tingkat kepuasan terbaik di antara
bidang lainnya. Hal ini didasarkan atas persentase kepuasan pelayanan publik di
Bidang I yang notabene menghimpun bidang kajian ini. Sementara itu, bidang
kajian Sosial dan Spiritual menjadi pembahasan publik yang terendah, mengingat
hampir segala bentuk kegiatan di dalamnya telah dihimpun oleh kebijakan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember (misalnya: harmonisasi
pelaksanaan kegiatan kerohanian), sehingga secara praktikal hanya Departemen
Pengabdian Masyarakat-lah yang dapat melaksanakan program kerja secara independen
(sekalipun Departemen Kerohanian juga melaksanakan program kerja besar,
misalnya Temu Keluarga Biologi dalam menyambut semester baru).
Harapannya,
pelaksanaan penilaian pelayanan publik ini dapat terus berlangsung sebagai
media dalam menampung segala bentuk aspirasi di lingkungan Program Studi
Pendidikan Biologi Universitas Jember pada khususnya dan masyarakat pada
umumnya terhadap segala bentuk kegiatan yang diselenggarakan oleh Himpunan
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi “lumba-lumba”. Karena pada dasarnya,
seluruh program kerja menargetkan atas pengembangan mahasiswa dalam segi
spiritual, intelektual, dan emosional, yang nantinya akan bermuara pada
pengembangan masyarakat itu sendiri, termasuk upaya dalam menjadikan HMPSP
Biologi “lumba-lumba” sebagai organisasi yang selalu terbuka terhadap kritik,
tidak hanya “bertindak” dalam melakukan pengembangan tetapi juga “mendengar”
untuk melakukan perbaikan.
Segala bentuk
kepuasan akan kami tingkatkan dan segala bentuk ketidakpuasan akan kami perbaiki,
dua-duanya di kepengurusan berikutnya dari HMPSP Biologi “lumba-lumba” untuk lebih
berbenah lagi.
laporan lengkap mengenai
penilaian pelayanan publik, dapat diunduh di sini:
0 comments:
Posting Komentar